DESEMBER CERIA

Oleh: Norma Kristiani

 

 

Kenapa aku kasih judul Desember Ceria?? mau tau? Itu karena aku mendapat kesempatan indah dari Tuhan untuk ikut Lomba yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun TV swasta (RCTI-red). Saat itu RCTI mengadakan yang namanya Lomba paduan suara untuk acara Natal 2007. Lomba ini diikuti oleh seluruh paduan suara manapun di Indonesia dan tentunya semua lagu bernuansa Natal. Sungguh diluar dugaan aku dan paduan suaraku ikut mendaftar. Paduan Suara Cantus Firmus, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Perjuangan dimulai. Dengan hanya berbekal nekat dan semangat yang membara, kami menyiapkan segala sesuatunya. Semua serba mendadak. Daftar juga mendadak, mepet sama batas akhir pendaftaran, dan dana yang tidak ada sama sekali, personil yang belum dipilih, sampai ke lagu apa yang akan dinyanyikan. Kami cuma punya waktu dua minggu untuk latihan. Padahal lombanya tanggal 11 Desember 2007. dan ini sudah minggu akhir November. Tapi ya itu tadi, kami pengen banget ikut lomba itu. Ya secara juara 1 Hadiahnya 100 Juta… Gimana ‘gak semangat.

Syarat kami bisa ke Jakarta adalah mengirimkan rekaman suara yang bentuknya audio-visual. Nah, bingung-bingung sudah. Dapat dari mana dana untuk rekaman video Clip, hehe. Tapi Tuhan punya rencana indah. Ada saja yang membantu ini dan itu. Kami rekaman dua buah lagu, 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan. Lagu wajibnya “Joy To The World”, dan lagu pilihan yang kami pilih adalah “Jingle Bells Rock!”. Ya sudah, tiap hari kita latihan, semangatnya hebat deh pokoknya, padahal kami belum dapat pengumuman di terima atau tidak.

Menurut informasi yang diberikan, tanggal 27 November yang masuk Final mau di telepon sama pihak RCTI, kami semua deg-degan. Tapi kami akhirnya putus asa, karena sampai besoknya tidak ada pihak RCTI yang menelepon paduan suara kami. Yaudah deh… besoknya lagi, karena penasaran, kami sendiri yang telepon RCTI. Apa yang didenger, serasa membuat kampus retak-retak mau roboh. Maksudnya itu hiperbola dari kegembiraan kami. Gimana gak seneng banget? kami adalah satu-satunya wakil Jogja yang masuk final ke RCTI. Jakarta WE ARE COMING…!!!! dari ratusan pendaftar, cuma 10 yang dipilih. PUJI TUHAN…!!!!

Dengan ikut Lomba ini, PSM Cantus Firmus buat prestasi baru yang dibanggakan dan membanggakan Universitas Sanata Dharma, Prodi, keluarga, Yogyakarta, dan tentunya buat diriku. Pengalamnku ini tidak akan pernah aku lupakan, walaupun aku harus ikut ujian akhir secara susulan, gak apa-apa deh, yang penting ini HEBAT!!.

Saat itu yang masuk 10 besar dari daerah Maluku, Yogyakarta, Malang (2 paduan Suara), Bandung, dan 5 paduan suara dari Jakarta. Ini pengalaman ke-2 PSM “CF” ikut lomba tingkat nasional dalam setahun, setelah lomba di UNPAR, Bandung, Agustus 2007 lalu. Namun sayang, Kami tidak masuk 5 besar. Juara 1 diraih oleh paduan suara dari Maluku. Walau tidak masuk jajaran 5 besar, Itu sudah merupakan sebuah kebanggaan terbesar kami. Ketua PSM CF, Nora, pernah bilang: “kita mungkin bukan yang terbaik malam itu, tapi kita memberikan yang terbaik malam itu”. SEMANGAT CANTUS FIRMUS!, jangan pernah lelah untuk meraih prestasi.