ANALISIS NOVEL

 

  1. ANALISIS NOVEL

  1. Identitas Buku:

    1. Judul : Victory

    2. Pengarang : Luna Torashyngu

    3. Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

    4. Tahun Terbit : 2006

    5. Halaman : 296 halaman

    6. Cover : Cover novel ini sangat bagus. kombinasi warna yang padu antara latar, judul, nama pengarang, dan gambar. Warna covernya mendominasi biru tua yaitu sebagai latar belakang cover. Tulisan judul berwarna kuning, terletak di sebelah kanan atas dan nama pengarang berada dibawah judul, berwarna putih. Adapun gambarnya merupakan gambar kartun serang pria yang memeluk seorang gadis diatas balkon, berwarna biru tua keungu-unguan. Sangat menarik.

      2.  Sinopsis Novel:

Novel ini menceritakan tentang arti dari sebuah cinta sejati. Oti dan Raka adalah dua saudara tiri yang berbeda karakter dan sifat. Oti adalah seorang cewek tomboy dan cuek, tetapi dia mempunyai kelebihan yaitu keberanian dalam membela teman-temannya. Sedangkan Raka adalah seorang cowok dengan sikap tenang dan dewasa.

Saat membela temannya, Oti menerima tantangan dari kakak kelasnyauntuk mengikuti pemilihan putri SMA, di SMAnya. Untuk memenangkan pertandingan, Oti harus menjadi gadis yang feminim. Dia diharuskan memakai make-up dan gaun yang tidak pernah dipakainya. Namu8n Oti menerima tantangan kakak kelasnya itu. Dia mulai berubah dirinya agar dia bisa memenangkan kontes itu, walaupun sempat putus asa.

Raka yang dulunya benci mulai perlahan memperhatikan perubahan pada diri Oti dan diam-diam timbul perasaan yang aneh pada dirinya. Raka mulai menjadi lebih perhatiandan lembut. Perlahan tapi pasti, mereka mulai merasakancinta. Halangan muncul dari orang tua mereka yang tidak setuju dengan hubungan mereka. Oti dan Raka akhirnya berpisah karena mereka mengetahui bahwa mereka sebenarnya adalah saudara sedarah.

Dua tahun berlalu, Oti yang kuliah di London datang ke Bandung untuk menemui Raka. Oti dan Raka sama-sama belum bisa melupakan cinta yang pernah terjadi diantara mereka. Akhirnya karena sebuah kecelakaan menyebabkan kehidupan mereka berubah. Oti menjadi lumpuh dan mereka mengetahui bahwa sebenarnya mereka bukan saudara sedarah. Namun kelumpuhan Oti tidak memupuskan perasaan Raka padanya, melainkan menguatkan cinta mereka.

2. Analisis Unsur Ekstrinsik: 

  1. Tokoh

    1. Victory/Oti

    2. Raka

    3. Ai

    4. Ticka

    5. Laras

   2. Penokohan

  1. Victory/Oti: Tomboy, cuek, selalu membela temannya, baik, dan setia.

  2. Raka : Tenang, dewasa, baik, dan setia.

  3. Ai : Baik hati dan cerewet

  4. Ticka : Cerewet tetapi supel.

  5. Laras : Polos, pemalu, dan selalu bicara apa adanya.

    3. Alur

        Novel ini menggunakan alur maju dan alur mundur. Ini terlihat ketika Ai teringat kembali mengenai hubungan yang dihadapi Victory dan Raka sampai akhirnya mereka bisa bersama. 

    4. Kelebihan

       Novel ini mempunyai kelebihan pada covernya yang terlihat menarik sehingga dapat menarik pembaca untuk membaca isinya. selain itu juga kelebihannya terletak pada bahasa yang dipakai sangat segar, dengan gaya bahasa anak muda jaman sekarang namun mudah untuk dipahami. Isinya pun cocok untuk dibaca oleh semua kalanga, mulai dari remaja hingga orang tua sekalipun.

     5. Kekurangan

         Novel ini selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan yaitu terdapat pada kertas yang digunakan, masih menggunakan kertas buram.

     6. Amanat

          Amanat yang ingin disampaikan novel ini adalah kita bisa memberikan makna mengenai cinta, keberanian, solidaritas dan kepercayaan juga kesetiaan.