SMA Negeri 4 Denpasar, Bak Hotel Berbintang 5

Bali. Merupakan nama sebuah pulau yang sudah mendunia. Tak hanya milik Indonesia saja, melainkan juga sudah menjadi bagian dari dunia dalam hal pariwisata. Keindahan dan keunikan Balilah yang menjadi daya tarik wisatawan asing. Bali memilki keunikan dalam adat istiadat yang sangat kental dengan agamanya, yaitu Hindu. Hal ini terlihat dari banyaknya patung-patung dewa-dewi dan tempat persembahyangan dan persembahan yang terdapat di setiap rumah-rumah dan gedung-gedung. Tak heran jika Bali dijuluki sebagai Pulau Dewata. Pulau yang penuh misteri dan sangat kuat agamanya.

“Selamat datang di Bali….”, begitu sambutan seorang wanita pada kami peserta study tour ketika tiba di Hotel Dewata Indah. Kami mahasiswa Prodi PBSID angkatan 2006 melakukan Study Tour selama hampir satu minggu lamanya, tepatnya tanggal 3-7 Juni 2009 lalu. Perjalanan saya ke Bali bersama rombongan adalah perjalanan pertama saya menginjak pulau Dewata. SMA Negeri 4 Denpasar adalah salah satu tempat yang menyita pemikiran saya karena tempat itu membuat saya terkagum-kagum dengan kemegahan gedungnya dan prestasi gemilang yang selalu diraihnya.

Gedung SMA ini sangat megah, bak hotel berbintang 5. Karena fisik gedungnya sangat luas dan megah. Tak hanya fisiknya saja, namun SMA Negeri 4 ini sangat berprestasi. Tak heran jika SMA ini akan mendapat gelar Sekolah Berstandar Internasional (SBI). Tak terpikir oleh saya jika itu sebuah gedung sekolah. SMA Negeri 4 Denpasar ini terletak di wilayah barat Denpasar tepatnya di Jalan Gunung Rinjani, Perumnas Monang-Maning Denpasar. SMA Negeri 4 denpasar didirikan pada tanggal 19 Juli 1982, tetapi pada saat itu, gedungnya belum dibangun dan selesai dibangun tanggal 4 januari 1983.

Hasil kerja keras yang telah dilakukan selama ini membuat SMA Negeri 4 Denpasar menjadi dikenal baik di Bali bahkan hingga di luar daerah. Hal tersebut juga di dukung dengan hasil ujian nasional yang selalu konsisten tiap tahunnya hingga banyak siswa yang diterima dalam SIPENMARU (tes ujian masuk ke perguruan tinggi negeri pilihan). Disertai dengan meningkatnya siswa siswa yang diterima di perguruan tinggi favorit pada tingkat ASEAN (singapura). Hal tersebut berlangsung sejak EBTANAS tahun 1985, para siswa dari SMA Negeri 4 Denpasar mampu untuk memepertahankan prestasinya, menjadikan sekolah tersebut sebagai sekolah yang terbaik di provinsi Bali. Penerimaan siswa sebesar 100 persen dengan TPA (tes masuk). Penerimaan siswa baru hanya sejumlah 6 kelas yang tiap kelasnya menampung 35-40 siswa.

Dengan memboyong misi : cerdas intelektual, cerdas emosional, dan cerdas spiritual inilah SMA Negeri 4 Denpasar menjadi pujaan di Bali. Tak hanya itu saja, SMA Negeri 4 ini juga memiliki beberapa program guna meningkatkan kualitas mutu SMA menjadi nomor satu. Program-program tersebut, yaitu :

  1. Program remidi dan pengayaan

  2. Program peningkatan mutu

  3. Program pembelajaran dengan bahasa inggris

  4. Program pembelajaran dengan internet

  5. Program study banding

  6. Program bea siswa

  7. Program pengembangan sumber daya manusia

  8. Program kemitraan

Yang membuat saya kagum yaitu dalam hal peningkatan mutu siswa. Karena dalam program peningkatan mutu ini, sekolah menyediakan sarana bagi siswanya berupa kelompok-kelompok belajar yang lengkap sesuai kemampuan dan kesukaan dari siswa itu sendiri. Kelompok-kelompok tersebut yaitu mathematic club, physic club, chemistry club, biology club, computer club, English club, social club. Menjadi sebuah motivasi bagi kami sebagai calon guru. Terus belajar dan tak kenal lelah. Itulah pesan dari Wakasek SMA Negeri 4 Denpasar bagi kami para calon guru dan tentunya bila ingin menjadi bagian dari mereka.